wordpress


Setelah mencoba – coba blog engine, gue berkesimpulan nggak ada blog engine yang paling baik. Semua blog engine mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Setelah kemarin donwload WP, hanya beberapa hari kemudia sudah release versi barunya. Yah jadi donwload lagi, ternyata di wordpress 2.2 ini fungsi widgetnya sudah termasuk jadi nggak usah install2 plugin lagi.

Gue sebenarnya tertarik dengan blog engine yang agak lebih ‘ringan’ dari wordpress. Pilihan saya jatuh pada serendipity, memang blog egine ini ringan, theme2 dan pluginnyapun cukup banyak sayang core filenya agak ‘gendut’ kalau gak salah sekitar 4MB (itu dalam bentuk zip!) jadi mungkin agak susah uploadnya ke server hostingnya (yang gratisan) yang biasanya agak lambat.

Dan tentu aja nyobain juga blog engine yang lain, misalnya DotClear. DT ini menarik buat gue walaupun mungkin agak susah baca manualnya, karena dibuat oleh orang prancis jadi manualnya dalam bahasa prancis minim sekali yang udah diterjemanhkan dalam bahasa inggris. Blog engine ini cukup ringan, tapi kemarin tak coba kok masih ada masalah jadi coba di utak-atik dulu. Dan tentu saja adalagi yaitu lifetype yang menarik juga, ini cukup cepat tapi sayang pilihan theme2nya agak kurang. Untung walaupun sedikit theme2nya lumayan bagus, kebanyakan merupan ‘porting’ dari theme2nya WP :p .

Jadi beberapa hari ini gue nyobain beberapa blog engine, masih ada blog engine yang mau gue coba lagi yaitu sBlog,bBlog dan eggBlog. Setelah nyobain bloging egine itu semua memang gue masih beranggapan wp masih yang paling bagus, baik dari segi jumlah theme2nya maupun plugin2nya yang banyak.

Kembali ke theme ini lagi, hmm…. apakah ada bug di themenya light WP. Tulisanku kok nggak mau di justify, padahal sudah aku edit kodenya juga, ya udah akhirnya kembali ke theme ini coba-coba theme2nya wordpress yang lain.