optimus_final.jpgNonton Transformers jadi ngigetin ketika dulu film ini masih film kartun. Memang film ini lemah dari segi pengembangan karakter. Dikisahkan sebuah planet bernama Cybertron hancur disebabkan oleh ulah sekelompok pemberontak pimpinan Megatron. Peperangan yang terjadi antara The Autonomous Robotic Life Form atau Autobot yang dipimpin oleh Optimus Prime dan kelompok penjahat yang bernama Decepticons yang di pimpin oleh Megatron, mereka memperebutkan sebuah kubus yang merupakan ‘benih’ bagi semua kehidupan robot di planet Cybertron. Setelah planet Cybertron hancur diceritakan Allspark beserta Megatron terjatuh di Artic dan membeku selama puluhan tahun di dalam es, kemudia ditemukan oleh Captain Archibald Witwicky seorang penjelajah Artic dan tanpa sengaja ia menghidupkan alat navigasi Megatron. Alat navigasi itu membuat sebuah kordinat yang ditanamkan di dalam kaca mata kapten Archibald tanpa sepengetahuanya.

Setelah beberapa puluh tahun Decepticons akhirnya mendarat di bumi dan menyamar sebagai kendaraan mencoba mencari Sam Witwicky yang merupakan keturunan dari Archibald untuk mendapatkan koordinat Allspark. Tanpa sepengetahuan mereka sebuah Autobot bernama Bumblebee yang menyamar sebagai mobil Chevrolet Camaro juga telah mendarat di bumi dan berhasil mengetahui keberadaan Sam. Sam yang nggak menyadari bahwa mobilnya adalah alien mulai menjalin ‘persahabatan’ dengan mobilnya, Bumblebee juga mencoba menolongnya untuk mendapatkan perhatian Mikaela cewek yang disukai Sam.

Sampai suatu saat ketika Sam melihat mobilnya yang dapat berjalan sendiri tanpa seorangpun mengemudikannya dan melihat perubahannya menjadi Autobot. Ia melarikan diri ketakutan diikuti oleh Mikaela yang akhirnya malah bertemu dengan Barricade seorang anggota Deceptions yang menyamar sebagai mobil polisi, ia ditolong oleh Bumblebee dan melihat pertarungan para robot raksasa ini. Setelah berhasil mengalahkan Barricade, Bumblebee yang vocal processorsnya rusak menggunakan suara siaran radio untuk berkomunikasi dengan Sam. Bumblebee kemudia mengenalkanya dengan semua anggota Autobot. Optimus Prime (truck) pemimpin autobot, Jazz (pontiac soltice) wakil autobot, Ironhide (pick-up truck) weapon spesialist, Rachet (hummer) medic dan scientist. Bersama mereka kemudia bertarung melawan komplotan Decepticons.

Di sutradarai oleh Michael Bay yang ternyata bukan fans dari tarnsformers, tapi ternyata dia berhasil membuat interpertasi yang realistik dari versi katunnya. Ada beberapa yang dirubah misalnya nama – nama anggota Decepticons selain Megatron yang berbeda walaupun berprofile sama. Selain itu misalnya Bumblebee yang versi kartunnya berbentuk VW Beetle di rubah menjadi Chevrolet Camaro. Bahkan bunyi ketika autobot transform dari mobile ke robot pun masih seperti yang film kartun dahulu. Memang ada kekurangan dari kurangnya kedalaman dari karakternya masing – masing tapi ditutupi oleh CGI yang bagus dan detil pertarungan antara robot begitu jelas membuat film ini layak di tonton oleh keluarga dan terutama penggemar transformers versi kartun. 🙂

gambar dari yahoo! movies

Iklan