wp-admin-small2.jpgDari pada pusing. Gue coba – coba instal wordpress, wp yang gue pake wordpress 2.1.3 download dari sini. Apa sih wordpress? mungkin ada yang belum tau, wordpress adalah salah satu bloging engine seperti misalnya blogger, moveable type, type pad, drupal,dll. Bloging engine adalah suatu script/program yang membantu kita dalam membuat blog/ situs blog, program ini bisa gratis atau komersial. WordPress termasuk yang gratis alias kita nggak harus membayar lisensi dan membelinya karena ia berlisensi open source, ini ygmebuat wp dapat diinstal di situs pribadi maupun misalnya untuk bloging engine bagi jaringan kantor/sekolah misalnya.

Kalau yang yang gak ingin susah2 install WP dsb. bisa langsung bloging di situs wordpress.com, yang blogging enginenya memakai WP engine (WP MU), blogsome.com, dll. Menginstall WP dikomputer sendiri atau situs blog tentu ada kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihanya kita bisa ngatur sendiri segala sesuatunya, theme yg dapat diinstall sendiri. Theme2 dapat didownload dari situs2 yg nyediain theme2 wordpress yang dapat didownload secara gratis. Dan tentu saja kemudahan menginstall plugins2 yang sesuai kebutuhan. Dan ngartur segala sesuatunya sesuai dengan kemauan siempunya blog. Kekurangannya tentu saja lebih ribet, bagi yang gak mau dipusingin dengan segala sesuatunya bisa ngeblog lewat2 situs – situs diatas. Di wordpress.com (atau id.wordpress.com) feature2 pilihan, theme2 nya sangat banyak menjadikan nulis blog jadi lebih mudah.

Baiklah install wordpress ternyata gak sesulit keliatanya, setelah download XAMPP (kebetulan gue pake komputer windows) dan wordpress (wordpress 2.1.3 cuma 832 kb) diekstrak didirectorynya htdocs XAMPP lite yang udah keinstall sebelumnya, sebaiknya buat directory tersendiri. Kemudian ngaktifin apache dan mysql, trus beberapa seting kecil dan buka browser dan ngarahin ke http://localhost/directory-tempat-wordpress, selesai!. Tinggal dikuti instruksinya, klak-klik sana-sini buat install he..he..he.. 🙂

Setelah berhasil install wordpress di komputer sendiri, gue jadi pengin install wordpress buat blog pribadi di internet, jadi nyari tempat hosting gratis yang support wordpress. Dan nyoba untuk install wordpress engine disana. Moga2 berhasil, wis lelah nulisnya……… yang penting tombo mumet he..he..he… 🙂 (halah apa maneh iki!)

Iklan