BumiBaca tulisan temen jadi pengin nulis sesuatu, ternyata tanggal 22 April yg lalu adalah hari Bumi. Sering dengar beberapa waktu lalu BMG sering nyebutin bahwa becana alam yang terjadi dan iklim yang gak sesuai waktunya di Indonesia disebut sebagai anomali cuaca. Tapi beberapa kejadian di belahan Bumi lain juga memperlihatkan anomali misalnya dengan musim dingin yang lebih lama, kemarau yang panjang dan curah hujan yg gak semestinya.

Gue jadi sadar Bumi ini sudah tua dan sudah mengalami banyak kejadian. Gw jadi berpikir munkin yang disebut anomali ini bukan suatu keanehan atau keabnormalan, kalo liat film The Day After Tomorrow misalnya semua ini jadi masuk akal.

Di film itu diceritakan bahwa perubahan iklim Bumi yang drastis ini disebabkan juga oleh kita manusia yg antara lain membuang gas – gas polutan penyebab efek rumah kaca dari hasil buangan kendaraan maupun industri langsung ke atmosfir Bumi, hingga Bumi kian panas dan menyebabakan lapisan es – es kutub utara meleleh dan menyebabkan gangguan pada arus laut yang ternyata mempunyai hubungan dengan iklim global dunia.

Jadi jangan – jangan apa yang terjadi ini bukanlah ‘anomali’, yang terjadi di Indonesia dan belahan dunia lainnya hanya sebagian kecil saja dari apa yang terjadi di Bumi yang semakin tua ini. Kalau dipikir – pikir mengerikan membayangkan iklim kita rasakan saat ini mungkin gak akan sama dengan apa yang nanti akan dirasakan oleh anak cucu kita.

Iklan