eye.jpgGue suka film2 horror tapi yang buatan negara – negara Asia. Gak taulah kenapa tapi memang film – film dari negara Asia menurut gue memang menarik aja, itu nyambung juga dengan hobbie atau kesukaan gue dan saudara gue main game – game yang berbau horror. Game – game seperti resident evil, silent hill, parasite eve (PS1) dan game2 RPG seperti Final Fantasy, dll menurut gue sangat asik buat dimainin. Selain ada juga alasan lain, main game (seperti resident evil misalnya) bisa nyalurin agresifitas (itu menurut gue), kalo lagi stress gue bisa main residen evil nembakin pala zombie :p.

ju-on.jpgMenurut gue film2 horror dari Asia mampu meperlihatkan sesuatu yang gak akan ada di film horror Holywood. Sesuatu yang Asia, suatu image yang menakutkan bagi kebanyakan orang2 Asia yang ternyata lebih menyeramkan dibanding film buatan Barat. Bila menonton sesuatu seperti Ju-O atau Ringu mau gak mau kita jadi dibikin paranoid karena image horrornya lebih kena kita sebagai orang Asia. Tapi ternyata image tersebut menakutkan juga bagi orang – orang Barat dan lainnya.

Mungkin maksudnya begini, sesuatu yang menakutkan (baca:horror) biasanya adalah sesuatu yang sangat dekat dengan kita, sesuatu pengalaman yang sangat personal dan biasanya menimbulkan pengalaman traumatis yang membekas dikepala kita. Itulah yang dibuat oleh para filmaker asia, membawa hal yang menakutkan tersebut lebih dekat dengan kehidupan kita sampai kelihatan “nyata”, bahkan hal yang keliatanya gak membahayakan bisa menjadi sesuatu yang menakutkan. Misalnya gambaran tentang sebuah suara dan gambar Video Tape yang dikutuk dalam Ringu, nature misalnya air yang dianggap sesuatu yang biasa2 saja dapat menjadi hal yang menakutkan. Hal2 ini gak akan dijumpai di film2 horror ala Hollywood.

PS:Mbak Iya’@multiply maaf kalo tulisannya hampir sama 🙂

