capture_03212007_104013.jpgGimana kalo notebook loe ketinggalan, rusak atau memang gak punya notebook. Tapi dirumah ada komputer desktop tempat loe biasa nyelesian semua pekerjaan loe. Pekerjaan itu bisa jadi hanya menggunakan aplikasi pengolah kata, spreadsheet atau pembuat presentasi.

portable_openoffice.jpgDan sehari – hari loe juga terbiasa online dan menggunakan browser buat surfing dan client e-mail buat download e-mail, kirim instant messenger pake YM atau aplikasi messenger fav. loe. Kadang2 chating juga di IRC dan tentu saja kalau loe seorang yang terbisasa gunain aplikasi grafis sperti Adobe Photoshop pasti akan kehilangan aplikasi favorit loe kalau misalnya notebook loe ketinggalan. Apa solusinya?

Portable Application, aplikasi yang portable yang cukup ringan tapi gak terlalu gede dan kalau mungkin muat di pendrive/flashdisk loe. Hm… Adakah aplikasi seperti itu? Ya kamu sekarang gak perlu kuatir kalau lupa atau ketinggalan notebook loe.

Aplikasi portable tersebut dapat loe download dari situs http://portableapps.com/. Aplikasi – aplikasi ini udah diracang buat loe yang mobile alias loe yang terbiasa memiliki mobilitas yang tinggi. Aplikasi – palikasi ini terdiri dari browser, e-mail client, office suite, client messenger+irc, program manipulasi grafis bahkan webserver, dll. List ini masih akan bertambah, rajin2 aja check situsnya karena masih ada aplikasi yang under development.

capture_03222007_010543.jpgDi websitenya juga diberikan tutorial gimana caranya import bookmark loe dari browser/e-mail client loe ke aplikasi portable, nambahin support flash ke browser, etc. Aplikasi – aplikasi disini cukup portable buat dimasukin ke dalam flasdisk dan dijalanin di mana saja. Ini beberapa contoh aplikasi yang gw pake:

1.Firefox Portable. Browser ini sudah cukup buat gw yang pasti harus ada di flashdisk gw.

2.Thuderbird Portable. Client e-mail ini cukup powerful, sangat gampang buat setting account gmail gw. Gw tinggal isi username dan password dan langsung bisa download email gw di gmail, asal option terima POP3nya udah di aktifkan di gmail.

3.GIMP Portable. Gnu Image Manipulation Program. Ini merupakan program manipulasi grafis open source yang powerful dan portable jadi cukup ringkas buat dibawa di flashdisk.

4.VLC Portable. Ini merupakan media player yang hebat, bahkan gw pake di komputer gw buat muter video dengan format yang beragam. Kelebihanya VLC gak butuh codec buat muter macem2 video, karena itu bisa digunakan di sembarang komputer gak perlu install codec.

5.Abiword Portable dan Open Office Portable. Untuk aplikasi pengolah kata yang ringan, gw lebih milih pake Abiword dari pada bawa office suite seperti OpenOffice yang walupun lebih lengkap (pengolah kata,spreadsheet,database,presentasi,dll) tapi agak lebih gendut sizenya 🙂

6.7-Zip Portable. Aplikasi file archiver yang support banyak format archive (7z, ZIP, GZIP, BZIP2, TAR, RAR, CAB, ISO, ARJ, LZH, CHM, Z, CPIO, RPM, DEB and NSIS) dan banyak lagi plus app. ini gak akan ninggalin informasi personal kita di komputer yang sedang digunain.

7.Miranda atau GAIM Portable buat instant messenger (YM,MSN,AIM,ICQ,Jabber, Google Talk, dll) dan chatting di irc.

8.AudacityPortable. Sound Recorder dan Editor.

9.ClamWinPortable. Anti Virus yang portable, free dan open source.

10.NVUPortable. Web Editor (seperti FrontPage) kalau butuh.

Masih banyak aplikasi lainnya, bisa diliat disitusnya, kelebihannya adalah semua aplikasinya gratis karena belisensi open source :).

Iklan