Edubuntu 6.06 LTS gw

Mayoritas komputer di dunia pake Microsoft Windows, walaupun gw gak tau berapa percentasenya. Tapi Microsoft dapat dikatakan merupakan Sistem Operasi yang memonopoli pasar Operating Sistem di dunia.

Tapi gw gak pedulli mungkin karena semangat ‘anti kemapanan’ atau mungkin ada sebagian orang yang nganggep make sistem operasi Linux merupakan sebuah perlawanan terhadap ‘kapitalisme’. Gw gak peduli yang penting gw merasa nyaman pake GNU/Linux atau orang lebih suka dengan nyebutnya Linux aja.

Apa sih Linux itu? Well mungkin sudah banyak dibahas, Linux adalah sebuah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Linux Tovalds seorang mahasiswa Universitas Helsinki. Pada tahun 1991 Linux Tovalds sedang mempelajari MINIX, sebuah mini Operating System yang menyerupai UNIX. MINIX beroperasi di atas Intel 386. Tidak puas dengan limitasi yang terdapat pada MINIX, Linus menciptakan OS baru dengan inspirasi dari buku “The Design of The Unix Operating System” karangan Maurice Bach (Prentis Hall, 1986). Linux akhirnya disebarkan secara gratis di Internet beserta source codenya, kemudian Linux dikembangkan dengan bantuan banyak programer dan paker UNIX di Internet sampai saat ini.

Pada awal gw tertarik Linux yang merupakan Unix clone, adalah karena pada waktu kecil gw pernah denger sebuah sistem operasi selain DOS dan Windows 3.1 yang diklaim lebih ‘powerfull’ yaitu UNIX. Sistem UNIX ini dikenal multiuser, multitasking, dsb tapi jarang digunakan oleh orang biasa karena memerlukan mesin khusus dan sangat mahal.

Nah setelah beberapa tahun kemudian gw denger tentang sebuah sistem operasi UNIX clone yang ‘gratis’, ‘open source’? (pada waktu itu gw belum begitu paham tentang open source) dan dikalaim ‘powerfull’ sebagai sebuah alternatif dari sistem operasi komersial yang ada setelah membaca tabloid Komputek (Jawa Pos Group) dan membaca beberapa artikel di majalah komputer.

Linux yang di katakan dikerjakan dan dibuat oleh banyak orang yang bekerja sama melalui jaringan internet ini juga menarik perhatian gw. Kesannya Linux merupakan suatu sistem operasi yang ‘demokratis’ karena merupakan kumpulan sekian banyak pikiran manusia yang dikolaborasikan melalui internet untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi sesama.

Baiklah pertama kali menginstall Linux adalah distro RedHat 6.0 bonus dari sebuah buku yg gw beli di Gramedia. Di CD RedHat 6.0 itu akhirnya kuinstall, didalamnya ternyata cukup lengkap, sudah termasuk KDE 2, Gnome tapi window manager yang paling gw suka adalah AfterStep.

Begitulah pengalaman awal gw memakai Linux, akhirnya setelah berganti2 distro dan mencoba berbagai macam disto Linux akhirnya distro Linux yang gw pakai saat ini adalah Edubuntu 6.06 LTS yang Cdnya gw dapet dari internet secara gratis ( http://shipit.edubuntu.org ).

Dan keliatanya Linux akan semakin ‘matang’ dan asik buat digunakan di komputer desktop, laptop dan server setiap orang menurutku. Misalnya apabila kamu mengenal Linux dan user interfacenya sudah sejak dulu mungkin akan mengerti gimana perkembangan yang pesat dari user interface di Linux, KDE dan Gnome. Dan kalau melihat user interface Linux saat ini gw nganggep Linux sudah semakin matang dan dewasa karena mempunya style sendiri yg dapat disejajarin bahkan lebih baik dari user interface OS lain seperti Mac dan Windows (XP dan juga Vista).

Apa yg gw harepin bahwa di masa depan Linux dapat lebih banyak digunakan lagi dan tentu saja harus tetap membumi karena Linux diciptakan suatu komunitas tentu saja harus mengerti akan kebutuhan lokal karena tersedianya source code menyebabkan Linux dapat diubah sesuai dengan kamauan kita.

Dan akhirnya kesan yg ditimbulkan bahwa Linux sulit atau Linux hanya spesial buat para geek adalah anggapan yg gak bener. Dengan melihat banyaknya distro Linux sekarang yang sangat mudah buat diinstall. Dan bahkan dapat dijalankan langsung tanpa diinstall ke harddisk seperti bayak distro yang installernya dapat berfungsi juga sebagai Live CD adalah satu kelebihan dari Linux yang gak terdapat di OS lainnya.

Saran gw bagi yang mau mencoba Linux mulailah dengan membeli sebuah distro Live CD misalnya: Knopix, PCLinuxOS, dll dan coba mejalankanya di komputer kamu. Selamat mencoba Linux!

gambar screenshoot linux dari OSDir.com screenshoot linux gw Edubuntu 6.06 LTS

